Hubungan Masyarakat (Humas) / Public Relations
Pengertian Public Relations / Hubungan masyarakat (humas)

Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Public Relations / Humas
Image source: Pimajted.org
Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan.

Profesi sebagai seorang Humas atau public relations bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Petugas hubungan masyarakat menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara organisasi mempekerjakan dan klien throughplanned kampanye publisitas dan kegiatan PR.
Tugas Utama Humas / Public Relations
  • Melakukan perencanaan strategi tentang publisikasi dan kampanye
  • Menulis dan memproduksi presentasi dan siaran pers
  • Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers, dan organisasi terkait
  • Mengorganisir acara promosi seperti konferensi pers, opendays, pameran, wisata dan kunjungan
  • Berbicara secara terbuka di wawancara, konferensi pers dan presentasi
  • Memberikan dan menyediakan data informasi tentang peluang promosi baru dan kampanye PR kepada klien
  • Menganalisis liputan media
  • Komisioning atau melakukan riset pasar yang relevan
  • Sebagai penghubung dengan klien, manajerial dan staf jurnalistik tentang anggaran, rentang waktu dan tujuan
  • Merancang, menulis dan / atau memproduksi presentasi, siaran pers, artikel, leaflet, jurnal, laporan, brosur publisitas, informasi untuk situs web dan video promosi.

Tanggung Jawab Humas / PR
Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.
Beberapa lembaga yang menggunakan jasa hubungan masyarakat
  • Iklan atau agen pemasaran
  • Konsultan
  • Organisasi komersial dan industri
  • Perusahaan pribadi
  • Distributor
  • Produsen
  • Badan amal
  • Organisasi pemerintah
Kualifikasi dan pendidikan yang dibutuhkan sebagai petugas Public relations / Humas
Gelar dalam berbagai subjek diterima seperti lulusan bahasa Inggris, manajemen, bisnis atau media penelitian, pemasaran atau ilmu perilaku mungkin disukai oleh beberapa pengusaha. Kualifikasi pascasarjana PR dapat membantu, karena dapat bekerja pengalaman yang diperoleh dalam perdagangan PR, pemasaran, penggalangan dana, promosi acara, atau jurnalisme.

Keahlian dan kemampuan yang harus dimiliki oleh Public relations officer / Petugas Humas
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik baik lisan maupun tulisan
  • Memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik
  • Berkemampuan IT yang baik
  • Memiliki kemampuan presentasi
  • Memiliki kemambuan sebagai prakarsa
  • Berkemampuan untuk memprioritaskan dan merencanakan secara efektif
  • Memiliki sudut pandang dan kesadaran agenda media yang berbeda
  • Memiliki kreativitas.

Post a Comment

أحدث أقدم