Marketing / Pemasaran / Penjualan
Pengertian Marketing
Seperti dikutip dari situs Wikipedia pemasaran didefinisikan oleh American Marketing Association sebagai "aktivitas, kumpulan institusi, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan pertukaran penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas." Istilah dikembangkan dari makna asli yang dimaksud secara harfiah ke pasar dengan barang untuk dijual. Dari perspektif rekayasa proses penjualan, pemasaran adalah "sekumpulan proses yang saling terkait dan saling bergantung dengan fungsi lain" dari bisnis yang bertujuan untuk mencapai ketertarikan dan kepuasan pelanggan.

Chartered Institute of Marketing mendefinisikan pemasaran sebagai "proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan." Konsep serupa adalah pemasaran berbasis nilai yang menyatakan peran pemasaran untuk berkontribusi pada peningkatan nilai pemegang saham. Dalam konteks ini, pemasaran dapat didefinisikan sebagai "proses manajemen yang berusaha memaksimalkan keuntungan bagi pemegang saham dengan mengembangkan hubungan dengan pelanggan yang berharga dan menciptakan keunggulan kompetitif."

Source Image: DQ India

Praktik pemasaran cenderung dilihat sebagai industri kreatif di masa lalu, termasuk iklan, distribusi dan penjualan. Namun, karena studi akademis pemasaran memanfaatkan banyak ilmu sosial, psikologi, sosiologi, matematika, ekonomi, antropologi dan ilmu saraf, profesi ini sekarang dikenal luas sebagai sains, memungkinkan banyak universitas untuk menawarkan Master of Science (MSc) program.

Proses pemasaran adalah membawa produk ke pasar. Dengan demikian, langkah-langkahnya meliputi, riset pasar yang luas; penargetan pasar dan segmentasi pasar; menentukan strategi distribusi, penetapan harga dan promosi; mengembangkan strategi komunikasi; penganggaran; dan visi tujuan pembangunan pasar jangka panjang. Banyak bagian proses pemasaran (misalnya desain produk, arahan, manajemen merek, periklanan, Copywriting dll.) Melibatkan penggunaan seni kreatif.

Konsep pemasaran
'Konsep pemasaran' mengusulkan bahwa untuk memenuhi tujuan organisasi, organisasi harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen dan memuaskannya secara lebih efektif daripada pesaing. Konsep pemasaran dan pemasaran berhubungan langsung. Mengingat pentingnya kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam pemasaran, pemahaman yang kaya akan konsep-konsep ini sangat penting:

  • Kebutuhan: Sesuatu yang perlu bagi orang untuk menjalani kehidupan yang sehat, stabil dan aman. Bila kebutuhan tetap tidak terpenuhi, ada hasil buruk yang jelas: disfungsi atau kematian. Kebutuhan bisa bersifat obyektif dan fisik, seperti kebutuhan akan makanan, air dan tempat tinggal; atau subjektif dan psikologis, seperti kebutuhan untuk menjadi anggota keluarga atau kelompok sosial dan kebutuhan untuk harga diri.
  • Keinginan: Sesuatu yang diinginkan, diinginkan atau dicita-citakan. Keinginan tidak penting untuk kelangsungan hidup dasar dan sering dibentuk oleh budaya.
  • Permintaan: Bila kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan membayar, mereka berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.

Riset pemasaran, yang dilakukan untuk pengembangan produk baru atau peningkatan produk, seringkali berkaitan dengan identifikasi kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi. Kebutuhan pelanggan sangat penting bagi segmentasi pasar yang berkaitan dengan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda berdasarkan "kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin memerlukan produk terpisah atau campuran pemasaran." Segmentasi berbasis kebutuhan (juga dikenal sebagai segmentasi manfaat) "menempatkan keinginan pelanggan di garis depan bagaimana perusahaan mendesain dan memasarkan produk atau layanan." Meskipun segmentasi berbasis kebutuhan sulit dilakukan dalam praktik, telah terbukti menjadi salah satu cara paling efektif untuk menyegmentasikan pasar. Selain itu, banyak iklan dan promosi dirancang untuk menunjukkan bagaimana manfaat produk tertentu memenuhi kebutuhan, keinginan, atau harapan pelanggan dengan cara yang unik.

Orientasi pemasaran
Sejarah pemasaran � Orientasi atau filosofi yang menginformasikan praktik pemasaran. Orientasi, dalam konteks pemasaran, berkaitan dengan persepsi atau sikap yang dimiliki perusahaan terhadap produk atau layanannya, yang pada intinya menyangkut konsumen dan pengguna akhir. Ada beberapa orientasi umum:

Orientasi produk
Perusahaan yang menggunakan orientasi produk terutama berkaitan dengan kualitas produknya sendiri. Perusahaan juga akan berasumsi bahwa selama produknya memiliki standar tinggi, orang akan membeli dan mengkonsumsi produk tersebut.

Ini bekerja paling efektif bila perusahaan memiliki wawasan yang baik tentang pelanggan dan kebutuhan dan keinginan mereka, seperti misalnya Sony Walkman atau Apple iPod, apakah ini berasal dari intuisi atau penelitian.

Orientasi penjualan
Perusahaan yang menggunakan orientasi penjualan berfokus terutama pada penjualan / promosi produk tertentu, dan tidak menentukan keinginan konsumen baru seperti itu. Akibatnya, ini memerlukan

Tujuan Marketing / Pemasaran
Pemasaran bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan melalui pengembangan strategi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan dengan mempromosikan produk, layanan atau gagasan.

Tugas & tanggung jawab
Mengembangkan kampanye pemasaran
Melakukan penelitian dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan khalayak
Merancang dan menyajikan ide dan strategi
Melakukan aktivitas promosi
Mengorganisir acara dan pameran produk
Mengkoordinasikan pemasaran internal dan budaya organisasi
Mengelola kampanye di media sosial

Bidang yang membutuhkan jasa marketing
Perusahaan
Produsen
Distributor
Pengecer
Industri
Pemerintah dan pemerintah daerah
Badan Amal
Dsb

Ada banyak industri di mana organisasi perlu mempromosikan produk atau layanan mereka kepada khalayak. Ini bisa berupa sektor publik atau swasta, atau untuk badan amal. Eksekutif pemasaran dapat bekerja di agen pemasaran khusus, di mana pekerjaan akan dilakukan untuk klien eksternal, atau di departemen pemasaran internal di dalam organisasi yang lebih besar.

Post a Comment

Previous Post Next Post