WiraBisnis.Com - Sebagai orang awam, apa sebenarnya ekonomi bisnis itu? Ketika berbicara tentang ekonomi bisnis, maka kita harus membicarakan bisnis terlebih dahulu.
Jadi, dalam pengertiannya bisnis adalah usaha atau pun perusahaan yang di mana pelakunya ingin mendapatkan keuntungan secara finansial atau secara ekonomi.
Bisnis ini pasalnya lebih ditekankan pada pelaku jual beli, baik secara kredit atau tunai dengan strategi bisnis, kita dapat melakukan riset pasar, meramal perusahaan atau pun Lembaga bisnis lainnya apakah mengalami perkembangan dan juga kemajuan atau malah mengalami kemunduran sesuai siklus ekonomi pasar.
Mengenal Ekonomi Bisnis Lebih Dalam
Sebelum lebih jauh berbicara tentang ekonomi bisnis, ada baiknya kita berbicara tentang factor perubahan ekonomi. Yang menjadi perubahan ekonomi bisa terjadi karena:
1. Adanya era Globalisasi (Pasar Bebas)
2. Adanya era Teknologi (Informasi)
Nah apa saja kemudian yang menjadi dampak dari perubahan tersebut?
1. Kekuasaan beralih ke konsumen
Karena ada fenomena ini, kemudian produsen dituntut untuk bisa lebih jeli lagi dalam menentukan jenis atau pun model yang akan diproduksinya yakni dengan cara melakukan riset pasar, korespondensi dan juga promosi quiz di sosial media, di tempat-tempat strategis dan juga yang lainnya guna mendapat informasi tentang produknya.
2. Skala produksi besar tak harus dilakukan
Dengan banyaknya produk yang sama, maka dalam ilmu ekonomi bisnis ini sendiri produksi skala besar tak mungkin dilakukan sehingga mesti mencari cara supaya produksinya bisa dalam skala besar dan konsumen juga merasa puas.
Caranya? Dengan menjaga kualitas barang atau produk yang baik, pesanan layanan antar (delivery service) dengan penawaran harga yang terjangkau atau bisa bersaing dan cara-cara lainnya yang dimaksudkan guna menarik minat konsumen.
3. Batasan wilayah negara tak lagi jadi kendala
Sekarang ini di negara kita sudah banyak aktifitas bisnis yang datang dari berbagai kalangan lintas negara. Mereka asalnya dari negara tetangga, misalnya Malaysia, Singapura, Australia, bahkan negara-negara yang cukup jauh seperti Cina dan Jepang.
4. Tiap saat muncul pesaing baru
Harus diketahui bahwa dalam teori ekonomi bisnis sudah disebutkan aka nada pesaing tiap waktunya. Secara disadari atau tidak, teknologi cepat sekali ditiru. Saat ini teknologi sangat cepat untuk ditiru. Contoh yang paling sering bisa dilihat dan sangat dominan adalah handphone atau gadget dengan harga jual yang jauh lebih murah dari model awalnya yang dikeluarkan oleh produsen besar.
Secara disadari atay tidak, hasil tiruan itu membuat pesaing-pesaing makin banyak. Dan kalau tidak segera ditangani dengan cermat, maka produsen pelopor bakal kalah bersaing.
5. Meningkatnya sensitivitas para konsumen-konsumen
Dari kejadian di atas, maka otomatis, bakal menimbulkan berbagai macam pertimbangan untuk kalangan konsumen. Tentu saja mereka akan lebih selektif lagi pada suatu produk atau pun barang yang dibelinya.
Dan dengan adanya dampak-dampak di atas, menurut ilmu ekonomi bisnis juga, ada dampak untuk pelaku usaha atau perusahaan itu.
a) Mereka perlu menganalisis pasar lagi
b) Mereka perlu merumuskan strategi pemasaran
c) Mereka perlu mengenali peluang pasar
d) Mereka juga harus menyusun anggaran
e) Dan mereka harus mengembangkan Teknik
Semuanya dilakukan untuk memenuhi harapan konsumen. Demikian lah sedikit tentang ekonomi bisnis yang berhubungan dengan perubahan teknologi dan pasar secara global. Semoga membantu anda yang masih bingung tentang topik ini dan bermanfaat untuk anda.