WiraBisnis.Com - Jika dijabarkan secara singkat, proses bisnis adalah sebuah kumpulan aktifitas yang terstruktur yang bersamaan di sana ada tujuan untuk memproduksi sebuah hasil. 
Nah, proses-proses ini pada umumnya dilakukan secara berulang-ulang dan sudah dirancang dengan sangat baik, dan juga terus-menerus diperbaiki serta dioptimalisasikan guna bisa mencapai efisiensi dan juga produktifitas yang lebih lagi.
Kata lainnya adalah proses bisnis adalah sekumpulan tugas yang berbeda-beda namun sebenarnya saling berkaitan, yang mempunyai porsi dalam penyampaian dan juga pengantaran produk atau pun layanan pada pelanggan atau klien.

Beberapa Proses Bisnis untuk Memaksimalkan Operasional

Proses bisnis yang lancar dan juga sesuai mesti ditemani factor-faktor pendukung yang lainnya. Berikut ini beberapa contoh umum dari sebuah proses bisnis.
1. Administration

Administrasi adalah perencanaan, pengendalian dan juga pengorganisasian pekerjaan perkantoran dan juga penggerakan mereka yang melaksanakan supaya mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Administrasi dalam proses bisnis juga menjadi proses onboarding staf-staf baru misalnya mengurus ID Card karyawan-karyawan anda dan yang lainnya.

2. Manufacturing

Proses bisnis yang kedua adalah proses mengubah bahan mentah jadi barang yang akan mempunyai nilai jual. Umumnya, manufaktur ini adalah proses perubahan bahan baku yang diubah jadi barang jadi dalam skala besar yang akan dijual ke pelanggan supaya bisa mendapatkan untung besar.

3. Operations

Operasi dalam proses bisnis mencakup dari awal pelanggan melakukan pemesanannya sampai dengan pesanannya terselesaikan. Proses ini pun meliputi semua hal yang diperlukan untuk menerima pesanan yang masuk, memberikan layanan dan juga menagih jumlah pembelanjaan dari pelanggan atau pun klien itu.

4. Procurement

Selanjutnya proses bisnis berikutnya adalah procurement yang artinya segala proses pembelian sampai dengan pembayaran yang mencakup langkah-langkah yang diperlukan guna mengamankan dan juga menjamin bahan-bahan dan juga material seperti misalnya purchasing, invoicing reconciliation, receiving, dan juga accounts payable.

5. Sales and Operations Planning

Sebuah proses untuk bisa mengoordinasikan pemasaran atau marketing dengan marketing ini disebut dengan Sales and Operations Planning (S&OP). S&OP ini sendiri dirancang untuk menjaga proses demand supaya bisa berjalan dengan baik dan juga sejalan dengan kapasitas produksinya seperti misalnya sales, promotions dan juga distribution dengan proses supply (misalnya layanan pengantaran).

6. Information Technology

Proses bisnis yang berikutnya adalah Information Technology atau IT yang memungkinkan unit bisnis untuk mengirimkan permintaan perubahan di sistem. Tiap permintaan perubahan ini mesti melalui serangkaian proses karena mesti dievaluasi, dikembangkan, diprioritaskan, diterapkan dan akhirnya ditinjau.

7. Information Security

Information Security ini adalah sebuah fungsi yang menjaga informasi-informasi perusahaan supaya tidak diakses, apalagi dipergunakan dan disebarluaskan, diubah atau juga dihancurkan pihak yang lainnya di luar organisasi anda.

8. Customer service

CS dalam proses bisnis ini fungsinya memberikan layanan pertukaran informasi dari orang ke orang lainnya antara pihak bisnis atau pun perusahaan anda ke pelanggan. Proses ini adalah salah satu yang terpenting untuk bisa menjadi lebih unggul dari competitor anda.
Nah, itu lah beberapa komponen dari proses bisnis yang perlu anda ketahui sebagai pelaku bisnis yang baru atau yang sudah terjun ke dunia bisnis. Sebagai pelaku usaha yang memiliki perusahaan atau usaha, anda harus tahu proses bisnis di atas supaya jalannya perdagangan produk atau jasa anda bisa lebih baik lagi ke depannya. Semoga membantu anda!!!

Post a Comment

Previous Post Next Post